Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Informasi

Lomba Sinergisitas Penyelenggaraan Pemerintahan

Rabu 16 November 2022 bertempat di Pendopo Kecamatan Tongas. Kecamatan Tongas menjadi salah satu peserta yang lolos 5 besar tingkat Provinsi Jawa Timur dalam lomba Sinergisitas Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan (SP2K). Penilaian Sinergitas Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Timur di hadiri oleh Wakil Bupati Probolinggo, Kepala OPD, Forkompimka Tongas, Ka. PKM, KUA, Tokoh Agama. Tim tinjau lapangan terdiri dari Ketua Rombongan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Timur, Jempin Marbun, SH. MH, . Dr. Dwi Mardiana, S.STP, M.Si (Analis Kebijakan Ahli Madya pada Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Prov. Jatim); Nido Dipo Wardana, S.Psi, M.Sc (Fakultas Psikologi UNAIR); Ahmad Faizin Karimi (Peneliti Senior The Jawa Pos Institute of Pro-Otonomy); Bayu Sukma Wiraga, S. Tr. IP Biro Organisasi Setda Prov. Jatim); Ari Diliyanto, S.S (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov. Jatim); Moh Affan Effendy, SE, Ak, MM (Analis Perencanaan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Prov. Jatim), melakukan kunjungan langsung sehubungan dengan Inovasi Si Gercep Dini (Sinergi Gerak Cepat Cegah Pernikahan Dini) untuk percepatan penurunan stunting di Kecamatan Tongas dan Inovasi Adu Jempol (Pengaduan Jemput Bola) untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial di Masyarakat Kecamatan Tongas.

Lomba Olahraga Tradisional Hadang dan Terompah Panjang Kecamatan Tongas

Lomba Olahraga Tradisional Hadang dan Terompa Panjang Dalam Rangka Hari Olahraga Nasional Tahun 2022 Oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo bertempat di Pantai Bahak Kecamatan Tongas. Dalam lomba di Kecamatan Tongas mengirim 2 tim yaitu PKK Kecamatan Tongas dan Karang Taruna Kecamatan Tongas masing2 terdiri dari 6 peserta untuk mengikuti 2 lomba, Hadang dan Terompah Panjang. Selamat kepada tim PKK Kecamatan Tongas Juara 3 Lomba Olahraga Tradisional Terompah Panjang dan Karang Taruna Kecamatan Tongas Juara 2 Lomba Olahraga Tradisional Hadang.

Penilaian Lomba Sinergisitas Pemerintahan Kecamatan Tahun 2022

Rabu 18/10/2022 bertempat di Pendopo Kecamatan tongas Tim Penilai Pemerintah Kabupaten Probolinggo melakukan kunjungan lapangan penilaian 3 besar Sinergisitas Penyelenggaraan Pemerintahan di Kecamatan Tahun 2022. Adapun Tim Penilai terdiri dari Asisten Pemerintahan dan Kesra, Bagian Pemerintahan, Bappeda, Bagian Organisasi, Dinas PMD, Dispenduk Capil.

Camat Tongas Bapak Abdul Ghafur S.STP, M.Si memimpin langsung presentasi Inovasi Sinergi Gerak Cepat Cegah Pernikahan Dini

Pemerintah Desa Se-Kecamatan Tongas Gelar Bimtek Pembinaan Administrasi Dan Penyuluhan Hukum Penggunaan DD

TONGAS – Untuk meningkatkan pengelolaan anggaran desa yang transparan, akuntabel serta mengantisipasi penyalahgunaan keuangan desa, Pemerintahan Desa di Kecamatan Tongas memberikan bimbingan teknik (bimtek) pembinaan administrasi dan penyuluhan hukum penggunaan Dana Desa, Jum’at (4/3/2022) di Balai Desa Bayeman Kecamatan Tongas.

Kegiatan yang dihadiri Camat Tongas Abdul Ghafur serta Babinsa dan Babinkamtibmas ini diikuti oleh Pj Kepala Desa Bayeman dan Sumberejo, Kepala Desa Terpilih Bayeman dan Sumberejo serta Perangkat Desa Bayeman dan Sumberejo Kecamatan Tongas.

Siang harinya kegiatan yang sama dilakukan di Balai Desa Dungun yang diikuti oleh Desa Dungun dan Desa Sumendi dengan melibatkan Pj Kepala Desa, Kepala Desa Terpilih serta perangkat Desa Dungun dan Sumendi Kecamatan Tongas.

Narasumber terdiri dari Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo Yuni Priyo, perwakilan Inspektorat Kabupaten Probolinggo serta Kasi Pembangunan Kecamatan Tongas. Hal ini dilakukan agar supaya nantinya pengelolaan keuangan desa sesuai aturan maupun ketentuan yang ada, transparan dan akuntabel.

Bimtek pembinaan administrasi dan penyuluhan hukum penggunaan Dana Desa tahun 2022 ini akan dilaksanakan pada 14 desa se-Kecamatan Tongas dengan tujuan untuk memahami pengelolaan kegiatan pemerintahan desa, memahami alur pengelolaan administrasi desa dan memahami manfaat sistem informasi dalam pengelolaan administrasi sekaligus sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan keuangan desa.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto menjelaskan adanya perkembangan teknologi komunikasi sebagaimana android yang memiliki banyak guna dan manfaat.

“Banyak segala perubahan terhadap keadaan yang menjadi suatu tuntutan bagi kita. Salah satunya perubahan yang wajib diketahui adalah aturan penegakan hukum terkait dengan pengelolaan keuangan desa dan ini yang harus disadari bersama,” katanya.

Melalui kegiatan ini Heri mengharapkan dapat menjadi hal penting agar nantinya tidak terjadi permasalahan terhadap pengelolaan anggaran keuangan desa. “Kita sebagai abdi masyarakat harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Bahkan mengelola anggaran desa dengan baik dan benar, transparan dan akuntabel,” tegasnya.

Sementara Camat Tongas Abdul Ghafur menambahkan dengan perubahan regulasi dituntut untuk lebih transparan dan akuntabel terhadap pengelolaan anggaran desa. APBDesa benar-benar dilakukan dengan pertanggungjawaban.

“Tentunya bimtek ini sangat bermanfaat dan membantu bagi kita dalam menggunakan anggaran untuk kegiatan di desa serta penyampaian pertanggungjawabannya sesuai ketentuan aturan hukum,” katanya. (y0n)

Seorang PDP asal Wonomerto yang Dirawat di RSUD Tongas Kabur dengan Dobrak Ruang Isolasi

Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUD Tongas berusaha melarikan diri dari ruang isolasi. Bahkan, hal itu sudah terjadi kedua kalinya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Boedi Yoelijanto membenarkan hal itu. Bahkan, saat ini video PDP asal Wonomerto yang berusaha kabur dari ruang isolasi itu sempat viral.

Menurutnya, PDP itu berusaha kabur dengan mendobrak ruang isolasi. Dua petugas satpam RSUD berusaha menahan. Namun, akhirnya tidak kuat. Sehingga, PDP ini pun berhasil kabur.

”Itu, pasien di RSUD Tongas yang berusaha melarikan diri untuk pulang. Tapi, Alhamdulillah semua sudah tertangani dan berhasil diamankan,” katanya.

Anang menjelaskan, PDP itu merupakan rujukan dari RSUD dr. Moh. Saleh Kota Probolinggo. Yang bersangkutan ada riwayat darah tinggi. Bahkan, sempat ada kecurigan ada gangguan jiwa. Namun, setelah diperiksa pasien tersebut sehat secara kejiwaan.

Anang mengaku, pihaknya tengah melakukan kajian dan observasi terhadap PDP tersebut. Karena tidak terlalu kuat pasien tersebut masuk PDP. Bahkan, hasil rapid test dua kalinya nonrekatif. Hanya saja, dalam rujukan itu hasil rontgen ada infeksi. ”Nanti biar ada di Puskesmas Wonomerto selama observasi,” ujarnya. (mas/hn/fun)